Review : Sony Xperia J

Setelah trio NXT (Xperia U, P, S) yang akhirnya menjadi quartet dengan masuknya Xperia SL. Kini Sony siap melempar trio baru yang diperkenalkan bulan Agustus lalu di acara IFA di Berlin. Sama seperti sebelumnya, trio baru ini mewakilkan berbagai lapisan pasar seperti Xperia T yang mengisi kelas atas, Xperia V yang mengisi kelas menengah, dan yang akan kami review saat ini Xperia J untuk kelas dibawahnya. Dibanderol dengan harga 2,5 jutaan, mampukah ponsel ini menarik hati pembeli?

Spesifikasi Ringkas

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
  • HSDPA 900 / 2100
  • Layar sentuh TFT 4-inci FWVGA (854 x 480 piksel) 245 ppi
  • Memori internal 4GB (766MB aplikasi, 2GB multimedia), RAM 512MB
  • Kamera 5 MP 2592 x 1944 piksel, autofokus, LED flash
  • Kamera sekunder VGA
  • Android ICS v4.0.4
  • Prosesor single-core Qualcomm MSM7225A 1GHz Cortex A5, GPU Adreno 200
  • Baterai Li 1700 mAh
Unboxing

Sony Xperia J ini memiliki box yang bentuknya terbilang cukup tinggi, dan isinya pun terbilang standar, tidak ada tambahan dari unboxing xperia yang lainnya

Isi dari unboxing sendiri meliputi :

Headset
Battery
Buku Panduan
Kartu Garansi
Kabel Data USB
Charger





Desain

Xperia J, T, dan V ini merupakan series trio xperia selanjutnya. Ketiganya ini diusung dengan body yang mirip Xperia arc dan arc S. Bentuknya sendiri seperti melengkung di bagian belakangnya. Ini menjadi bentuk yang menarik dan unik. Xperia J sendiri berdimensi 124.3 x 61.2 x 9.2 mm dengan bobot 124 gram. Terbilang cukup berat untuk kalangan hp yang berlayar 4 inci.





Bagian muka diisi dengan LED notifikasi, sensor proximity, kamera sekunder, earpiece, layar 4-inci, tiga tombol fungsi Android (back, home, menu), dan mic. Bagian belakang diisi dengan kamera utama, LED flash, dan speaker. Sisi atas hanya diisi dengan port headset 3,5mm. Sisi bawah hanya terdapat lubang untuk menggantungkan aksesoris/strap. Sisi kiri ponsel diisi tombol lock/power, dan tombol volume, sedangkan sisi kanan ponsel diisi dengan port micro USB. Tidak ditemukan tombol kamera disini layaknya ponsel Sony kebanyakan. 







Xperia J ini mirip seperti xperia miro, karena dibagian bawah layar ada lampu LED notifikasi. Jadi jika ada sms atau telepon masuk lampu ini berkedip dengan sendirinya. Atau bisa juga dengan memilih tema lampu ini akan bergonta-ganti warna.


Urusan layar, Xperia J diberikan layar LCD TFT berukuran 4-inci dengan resolusi FWVGA (854x480 piksel). Kualitasnya terlihat bagus, baik dari segi sudut kemiringan, kecerahan dan tingkat kontras yang baik,meskipun tidak adanya Mobile BRAVIA Engine pada ponsel ini.



Antar Muka

Dengan Android 4.0.4 ICS dikombinasikan UI Timescape khas Sony, tampilan antar muka di Xperia J terlihat sama seperti Android Sony terbaru lain. Lockscreen terdapat dua buah slider, sebelah kiri untuk membuka layar dan sebelah kanan untuk masuk ke menu kamera. Seperti biasa, jika anda sedang mendengarkan musik maka bagian jam diatas akan berubah menjadi mini player. Homescreen terdapat lima halaman yang dapat dipersonalisasi dengan widget, shortcut, atau folder. Untuk melihat semua widget di homescreen dapat dilakukan dengan mencubit layar. Untuk menu nya sendiri terdiri dari 4 x 4 icon pada menu






   
Kamera

Xperia J memiliki dua kamera, kamera sekunder beresolusi VGA, dan kamera utama beresolusi 5MP (2592 x 1944 piksel) dengan kemampuan autofokus dan dilengkapi LED flash. Sony menyediakan cukup banyak pilihan pengaturan disini untuk menyesuaikan kondisi pengambilan gambar agar hasil lebih optimal.







Berikut Ini adalah hasil pengambilan gambar Sony Xperia J




Pemutar Musik

Pemutar musik Xperia J memiliki performa yang lebih baik daripada Xperia miro, meskipun dari segi tampilan dan fitur dapat dikatakan 100% sama. Masih hadir juga pengaturan equalizer baik preset maupun manual, terlebih dengan fitur clear bass yang membuat keluaran suara lebih mantap. Kualitas speaker seperti biasa meskipun diberikan fitur xLOUD, namun kekuatannya biasa saja, malah cenderung kurang bersih jika diatur dalam posisi maksimal. Satu hal lagi yang kurang memuaskan adalah peletakan speaker yang pas berada di tumpuan ketika ponsel diletakan dalam posisi layar berada diatas, sehingga keluaran suara akan terhalang. 






Kelebihan Xperia J :
Desain yang unik
Kapasitas Battery yang baik
Layar bagus meskipun tak ada Bravia Engine
Battery yang bisa dilepas

Kekurangan :
Hasil kamera kurang baik
Performa tidak "wow" , tergolong standar
 




Related product you might see:

Share this product :

+ komentar + 2 komentar

26 Mei 2013 pukul 21.05

halo.. saya pengen beli hp ini nih... tapi kok malah jadi mikir 2x ya waktu lihat beberaoa review.. Apa benar kalau hp nya sering nge-lag dan hasil kameranya kurang bagus? thx

11 Maret 2019 pukul 07.37

gatau

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Free Templates | Mas Template
Copyright © 2012. Ragam Handphone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger